Friday, February 6, 2015

TestRide dengan All New Vario 125 FI ESP

TestRide dengan All New Vario 125 FI ESP 




Baru Malang Melintang Di Dunia Bloger,Saya mencoba untuk membuat review tentang sebuah sepeda motor untuk pertama kalinya. well,jujur ini motor Matic pertama yang saya miliki,walau begitu bukan berarti motor ini merupakan motor matic yang pertama kali saya coba..hehehe..langsung kita review ke pengetesan All New Vario 125 FI ESP 

Desain

Well,jujur awal pertama ingin beli matic sebenernya pengennya beli Mio M3 or Honda Beat FI,namun begitu lihat vario 125 yang baru ini...pikiran dan hati ane langsung berubah. Sungguh Desain yang sangat mengagumkan,keren dengan mesin yang lebih oke dari generasi sebelumnya(menurut Honda).Pada vario 125 CBS lama watt lampu utama sebesar 25 watt x 2(cmiiw) sedangkan Headlamp All New Vario 125 FI ESP yang sangat sporty ini menggunakan lampu LED dengan  watt yang kecil banget namun terang banget yaitu 2,6 watt x 2 (low) dan 5,2 Watt x 2 ( hi) menjadikan All New Vario 125 FI ESP ISS berdesain mewah,elegan dan sporty.
body belakang motor pun cukup memberikan nilai lebih bagi sang pengguna, sayang lampu spidometernya berwarna orange..akan lebih sempurna lagi jika lampu tersebut diganti warna putih (opini pribadi)

Handling & Ergonomi
Yang saya rasakan handling All New Vario 125 FI ESP ini tidak berubah dengan Vario 125 FI yang lama (pernah nyoba punya temen), jok tinggi dengan posisi stang sedikit menurun membuat kita merasakan sensasi matic yang lincah,bawaannya pengen kenceng mulu XD
Namun dengan body sebesar dan seberat itu, stang justru cenderung ringan dan mudah dikendalikan.
jok vario 125 FI ESP ini memang lebih empuk dari versi sebelumnya,namun menurut saya pribadi tetap keras,mungkin mesti dikasih jok anti panas biar lebih empuk dan anti panas juga bro pastinya.
jarak pijak ke tanah sama namun Ground cleareance naik 7 mm dari 128mm ke 135 mm, jadi lebih aman lewat polisi tidur buatan negeri kita yang tinggi tinggi banget boy
pijakan depan terasa cukup lega dengan tebeng sebelah kanan yang bisa untuk menaruh sarung tangan dan tebeng sebelah kiri yang lebih luas bisa untuk menaruh barang lainnya seperti botol minum,dan lain lain.(asal jangan menaruh harapan palsu :P )

Performa Mesin
Daya maksimum : 8,3 kW / 8500 rpm dan Torsi maksimum : 10.8 N.m / 5000 rpm( klaim pabrikan) membuat tenaga yang dimuntahkan sangat besar.namun yang saya rasakan kala untuk perjalanan pelan dibawah 35km/jam tenaga yang dirasakan tidak seberingas kala menggunakan honda vario 110 cw,honda beat dan yamaha soul gt ataupun matic sejenisnya(karena ane cuma pernah nyoba matic ini,dan tentu saja vario 125 yang lama,hahaha)...namun diatas itu tenaga mulai terkail,apalagi jika sudah lewat 45km/jam, motor terasa nambah terus tenaganya.sadis tenan !!!

Konsumsi Besin
Klaim pabrikan,vario 125 FI ESP ini lebih irit sekitar 3,8km/liternya dibanding vario 125 Fi yang lamaa,atau sekitar 59km/liter. Kalau ini saya belum berani mengatakan secara spesifik, karena plat nomer saja belum keluar bro..hahaha baru sekedar muter muter komplek atau ke jalan yang cukup luas dan panjang namun tidak bergaris putih( konon katanya kalau bergaris putih merupakan wilayah lalu lintas yang bisa ditilang bro karena sudah masuk jalan umum,hahaha) mungkin saya nanti akan mencoba di kesempatan berikutnya.


kesimpulan:
well, kesimpulan menurut saya pribadi yaitu dibagi menjadi 2,antara poin positif dan negatifnya, yaitu:
Positif(+):
+ Desain ciamik tenan
+ Lampu LED yang terang bingits dengan watt yang kecil bingits
+ Ergonomi sedikit racing dibanding matic seperti beat vario dll, namun tetap Nyaman
+ Ground Clear naik dari yang lama biar ga mentok polisi tidur
+ Ban sudah tubles SoB, antai ranjau paku

Negatif(-) :
- Lampu Spidometer kurang OK
- Jok biarpun sudah tidak sekeras dulu,namun masih kurang empuk buat ane



Spesifikasi New Honda vario 125 eSP
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan kompresi : 11,0 : 1
Daya maksimum : 8,3 kW / 8500 rpm
Torsi maksimum : 10.8 N.m / 5000 rpm
Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter : Pedal dan elektrik
Busi : ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9
Sistem Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter bahan bakar
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi : Otomatis, V-Matic
Kelistrikan : Baterai 12 V – 5 Ah (tipe MF)
Sistem Pengapian : Full Transisterize, Baterai
Panjang x lebar x tinggi : 1,921 x 683 x 1,096 mm
Jarak sumbu roda : 1,280 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kosong : 109 kg
Tipe rangka : Tulang Punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P (Tanpa Ban Dalam)
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P (Tanpa Ban Dalam)
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Sistem Pengereman : Combi Brake System (CBS)
Idling Stop System : Tersedia pada tipe CBS-ISS


1 comment: